Dalam tulisan sebelumnya telah saya singgung tentang pentingnya memahami dan mentadabburi Al-Qur`an. Kali ini, saya akan sebutkan beberapa dalil-dalil Qur`an dan Sunnah tentang pentingnya tadabbur. Hali ini penting untuk kita ketahui supaya ada landasan yang kuat dalam upaya mentadabburi ayat-ayat suci yang telah Allah ta’ala turunkan. Selain itu juga untuk memberitahukan kepada kaum muslimin, terutama yang masih awam, bahwa tadabbur itu bukan sesuatu yang remeh, akan tetapi sangat penting.
Dalil Qur`an
QS. An-Nisa` ayat 82:
أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ ٱلۡقُرۡءَانَۚ وَلَوۡ كَانَ مِنۡ عِندِ غَيۡرِ ٱللَّهِ لَوَجَدُواْ فِيهِ ٱخۡتِلَٰفٗا كَثِيرٗا
82. Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur`an? Kalau kiranya Al-Qur`an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.
Menurut Syaikh Prof. DR. Wahbah az-Zuhaliy, pakar fikih dan tafsir, jika kita mau mentadabburi Al-Qur`an maka kita akan mendapatinya selaras antara satu ayat dengan ayat lainnya. Sebab jika Qur`an itu berupa ucapan manusia, maka kita akan mendapatinya saling berbeda dan mengandung banyak pertentangan.
kemudian dalam QS. Al-Mu`minun ayat 68:
أَفَلَمۡ يَدَّبَّرُواْ ٱلۡقَوۡلَ أَمۡ جَآءَهُم مَّا لَمۡ يَأۡتِ ءَابَآءَهُمُ ٱلۡأَوَّلِينَ
68. Maka apakah mereka tidak memperhatikan perkataan (Kami), atau apakah telah datang kepada mereka apa yang tidak pernah datang kepada nenek moyang mereka dahulu?
Masih menurut Syeikh Wahbah az-Zuhailiy, ayat ini menegaskan sebuah pertanyaan bahwa apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur`an yang telah menunjukkan kebenaran nabi? Juga berfikir bahwa semua itu adalah kebenaran yang turun dari Allah ta’ala?
Ada lagi dalil dari QS. Shad ayat 29 yang menjelaskan pentingnya tadabbur:
كِتَٰبٌ أَنزَلۡنَٰهُ إِلَيۡكَ مُبَٰرَكٞ لِّيَدَّبَّرُوٓاْ ءَايَٰتِهِۦ وَلِيَتَذَكَّرَ أُوْلُواْ ٱلۡأَلۡبَٰبِ
29. Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.
Syekh Wahbah az-Zuhailiy menjelaskan bahwa Qur`an turun kepada Nabi Muhammadshallallahu ‘alaihi wa sallam. Di dalamnya ada banyak kebaikan dan manfaat agar kita mau mengkajinya. Dan orang-orang berakal lah yang akan mengambil nasehat darinya kemudian mengamalkannya.
Dan yang terakhir adalah QS. Muhammad ayat 24:
أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ ٱلۡقُرۡءَانَ أَمۡ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقۡفَالُهَآ
24. Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci?
Ayat ini menegaskan bahwa hanya orang yang hatinya terbuka saja yang akan bisa mengambil pelajaran berharga dalam Al-Qur`an.
Dalil Sunnah
Berikut merupakan anjuran tadabbur menurut sunnah dan atsar:
Riwayat Ibn ‘Abbas radliyallahu ‘anhu
عَن ابن عَبّاس رضي الله عنه قَالَ: «بِتُّ عِنْدَ خَالَتِي مَيْمُونَةَ، فَتَحَدَّثَ رَسُولُ اللهِ ﷺ مَعَ أَهْلِهِ سَاعَةً ثُمَّ رَقَدَ، فَلَمَّا كَانَ ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ قَعَدَ، فَنَظَرَ إِلَى السَّمَاءِ فَقَالَ: ﴿إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لأُولِي الأَلْبَابِ﴾ ثُمَّ قَامَ فَتَوَضَّأَ وَاسْتَنَّ، فَصَلَّى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً، ثُمَّ أَذَّنَ بِلَالٌ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى الصُّبْحَ.
Dari [Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhuma] dia berkata; suatu ketika aku bermalam di rumah bibiku Maimunah, aku mendengar Rasulullah berbincang-bincang bersama istrinya sesaat. Kemudian beliau tidur. Tatkala tiba waktu sepertiga malam terakhir, beliau duduk dan melihat ke langit lalu beliau membaca; “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.” (Ali Imran; 190). Lalu beliau berwudlu dan bersiwak, kemudian shalat sebelas raka’at. Setelah mendengar Bilal adzan, beliau shalat dua raka’at kemudian beliau keluar untuk shalat subuh.
Riwayat Muaz ibn Jabal radliyallahu ‘anhu
عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ قَالَ «صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَوْمًا صَلَاةً فَأَطَالَ فِيهَا فَلَمَّا انْصَرَفَ قُلْنَا أَوْ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَطَلْتَ الْيَوْمَ الصَّلَاةَ قَالَ إِنِّي صَلَّيْتُ صَلَاةَ رَغْبَةٍ وَرَهْبَةٍ سَأَلْتُ اللَّهَ ﷿ لِأُمَّتِي ثَلَاثًا فَأَعْطَانِي اثْنَتَيْنِ وَرَدَّ عَلَيَّ وَاحِدَةً سَأَلْتُهُ أَنْ لَا يُسَلِّطَ عَلَيْهِمْ عَدُوًّا مِنْ غَيْرِهِمْ فَأَعْطَانِيهَا وَسَأَلْتُهُ أَنْ لَا يُهْلِكَهُمْ غَرَقًا فَأَعْطَانِيهَا وَسَأَلْتُهُ أَنْ لَا يَجْعَلَ بَأْسَهُمْ بَيْنَهُمْ فَرَدَّهَا عَلَيَّ
Mu’adz bin Jabal berkata: “Rasulullah shalat pada suatu hari, dan panjangkan shalatnya. Ketika dia selesai kami berkata (atau mereka berkata): ‘Ya Rasulullah, Anda membuat doa yang panjang hari ini.’ Dia berkata: ‘Saya menawarkan doa harapan dan ketakutan. Saya meminta tiga hal kepada Tuhan untuk bangsa saya, dan Dia memberi saya dua dan menolak satu. Saya meminta Dia untuk tidak membiarkan bangsa saya binasa musuh dari luar, dan Dia mengabulkannya. Dan saya meminta-Nya untuk tidak membiarkan mereka binasa dengan tenggelam, dan Dia mengabulkannya. Dan saya meminta Dia untuk tidak membiarkan mereka binasa dengan berkelahi di antara mereka sendiri, tetapi Dia menolaknya.
Riwayat Huzaifah radliyallahu ‘anhu
عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: «صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ لَيْلَةً فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ، فَقُلْتُ: يَرْكَعُ عِنْدَ الْمِائَةِ فَمَضَى، فَقُلْتُ: يَرْكَعُ عِنْدَ الْمِائَتَيْنِ فَمَضَى، فَقُلْتُ: يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ فَمَضَى، ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا، ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا بِقِرَاءَةٍ مُتَرَسِّلًا إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا تَسْبِيحٌ سَبَّحَ، وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ، وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ
Dari Hudzaifah ibnul-Yaman radliyallahu ‘anhu berkata: pada suatu malam saya pernah shalat bersama Rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau memulai membaca surah al-Baqarah, kemudian saya bergumam, beliau rukuk setelah seratus ayat, namun kemudian beliau meneruskannya, dan saya pun kembali bergumam, beliau salat dengan cara ini hanya di rakaat ini, namun kemudian beliau meneruskannya, kemudian memulai membaca an-Nisa’ dan Ali Imran dengan cepat, ketika melalui ayat tasbih, beliau bertasbih, ketika melalui ayat doa, beliau berdoa, dan ketika melalui ayat perlindungan beliaupun meminta perlindungan. (HR. Muslim)
Riwayat Abdullah ibn Mas’ud radliyallah ‘anhu
عَنْ عَبْدِ الله بن مَسْعود قَالَ: قَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «اقْرَأْ عَلَيَّ» قُلْتُ: آقْرَأُ عَلَيْكَ وَعَلَيْكَ أُنْزِلَ؟ قَالَ: «فَإِنِّي أُحِبُّ أَنْ أَسْمَعَهُ مِنْ غَيْرِي» فَقَرَأْتُ عَلَيْهِ سُورَةَ النِّسَاءِ، حَتَّى بَلَغْتُ: {فَكَيْفَ إِذَا جِئْنَا مِنْ كُلِّ أُمَّةٍ بِشَهِيدٍ وَجِئْنَا بِكَ عَلَى هَؤُلَاءِ شَهِيدًا} [النساء: 41] قَالَ: «أَمْسِكْ» فَإِذَا عَيْنَاهُ تَذْرِفَانِ
Dari Abdillah ibn Mas’ud radliyallahu ‘anhu berkata: Baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku: bacakan padaku (Al-Qur`an)! Bagaimana saya membacakan kepadamu, sementara Al-Qur`an diturunkan untukmu? Beliau menjawab: sesungguhnya aku senang mendengarnya dari orang lain, kemudian saya membacakan kepada beliau surah an-Nisa`, hingga ketika sampai pada ayat:
فَكَيْفَ إِذَا جِئْنَا مِنْ كُلِّ أُمَّةٍ بِشَهِيدٍ وَجِئْنَا بِكَ عَلَى هَؤُلَاءِ شَهِيدًا 41
beliau berkata, berhentilah! Maka berlinanglah air mata dari kedua mata beliau.
Riwayat Aisyah radliyallahu ‘anha
عَنْ عَائِشَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ ﷺ قَالَتْ: كَانَ أَوَّلَ مَا بُدِئَ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ الرُّؤْيَا الصَّادِقَةُ فِي النَّوْمِ، فَكَانَ لَا يَرَى رُؤْيَا إِلَّا جَاءَتْ مِثْلَ فَلَقِ الصُّبْحِ، ثُمَّ حُبِّبَ إِلَيْهِ الْخَلَاءُ، فَكَانَ يَلْحَقُ بِغَارِ حِرَاءٍ، فَيَتَحَنَّثُ فِيهِ – قَالَ: وَالتَّحَنُّثُ: التَّعَبُّدُ – اللَّيَالِيَ ذَوَاتِ الْعَدَدِ
Dari ibunda Aisyah istri nabi berkata: wahyu yang mula-mula turun kepada nabi adalah mimpi shadiqah (sejati). Di mana beliau tidak pernah mengalami mimpi yang mimpinya itu datang seperti sinar di waktu fajar. Kemudian setelah itu beliau lebih suka untuk mengasingkan diri, lalu berangkatlah beliau ke gua Hira untuk bertahannus (beribadah) di dalamnya selama beberapa malam.
Atsar sahabat dan tabi’in
Ibnu Abbas radliyallahu ‘anhu
رَكْعَتَانِ مُقْتَصِدَتَانِ فِي تَفَكُّرٍ خَيرٌ مِنْ قِيَامِ لَيْلَةٍ بِلَا قَلْبٍ
Dari Ibnu Abbas radliyallahu ‘anhu, dua rakaat dengan tafakkur (tadabbur) lebih baik daripada qiyamullail tanpa hadirnya hati.
Ibnu Umar radliyallahu ‘anhu
Bahwasanya ketika Ibn Umar radliyallahu ‘anhu membaca ayat:
اَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْ تَخْشَعَ قُلُوْبُهُمْ لِذِكْرِ اللّٰهِ (الحديد : 16)
Maka beliau membaca bala ya Rabb, bala ya Rabb (baik, wahai Rabbku, baik wahai Rabbku).
Ulama-ulama lainnya
Dari Thawus berkata: Hawariyyun bertanya kepada nabi Isa ibn Maryam: wahai ruh Allah, apakah ada orang lain di bumi ini yang menyerupaimu? Nabi Isa menjawab: iya, barangsiapa yang ucapannya adalah zikir, diamnya adalah berpikir, dan pandangannya adalah ibrah (pelajaran), maka orang ini seperti aku.
Abdullah ibn al-Mubarak berkata: seorang lelaki berjumpa dengan seorang rahib di kuburan dan tempat pembuangan kotoran. Lalu lelaki itu memanggil rahib dan berkata: hai rahib, di sebelahmu ada dua perbendaharaan (simpanan) dunia yang bisa menjadi pelajaran bagimu. Satunya perbendaharaan manusia dan satunya lagi perbendaharaan harta.
Dari Muhammad ibn Ka’b al-Quradliy berkata: seandainya semalaman hingga dini hari aku hanya membaca surah al-Zalzalah dan al-Qori`ah dengan cara mengulang-ulanginya dan memikirkannya (mentadabburi), maka itu lebih aku sukai dari pada membaca Qur`an semalaman dengan cepat (tidak ada upaya mentadabburinya).
Al-Fudlail berkata: sejatinya Al-Qur`an turun untuk diamalkan, maka, wahai manusia sekalian, jadikanlah bacaan Al-Qur`an sebagai amal. Lalu seseorang bertanya: bagaimana mengamalkannya? Al-Fudlail menjawab: supaya orang-orang menghalalkan sesuatu yang dihalalkan Al-Qur`an, mengharamkan sesuatu yang diharamkannya, menjalankan perintah, meninggalkan larangan, dan berhenti ketika melihat keajaibannya.
Ibn al-Qayyim berkata: merenungi Al-Qur`an berarti menajamkan pandangan hati terhadap makna-maknanya serta mendayagunakan pikiran dalam mentadabburinya. Inilah tujuan turunnya Al-Qur`an, bukan sekedar bahan bacaan tanpa ada upaya memahami dan mentadabburinya (QS. Shad: 29, QS. Muhammad: 24, QS. Al-Mu`minun: 68, QS. Az-Zukhruf: 3).
Imam al-Hasan al-Bashriy rahimahullah ‘anhu berkata: Al-Qur`an turun supaya ditadabburi dan diamalkan, oleh karena itu, jadikanlah bacaan tersebut sebagai amal.
Sumber bacaan:
Mafatih fahm wa tadabbur Al-Qu`an al-karim wa tahqiq an-najah fil hayat, Syaikh Said Abdul Adhim.
Tafsir al-Wajiz, Syaikh Wahbah az-Zuhaliy